Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cek Fakta: Beredar Foto Uya Kuya Hipnotis Ma'ruf Amin

Cek Fakta: Beredar Foto Uya Kuya Hipnotis Ma'ruf Amin


Beredar foto dengan klaim pesulap Uya Kuya tengah menghipnotis Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin di media sosial Facebook.

Informasi tersebut berawal akun Facebook Putra Inka yang menunggah artikel pada dengan narasi itu pada Kamis, 2 Juli 2020.

Adapun narasi dalam unggahan tersebut adalah sebagai berikut.

"Uya Kuya'
Saya Coba Akan Menghipnotis Untuk Menguji Kejujuran Pak Ma'ruf Amin Apakah Beliau Tau Tentang RUU HIP Yang Ngotot Di Usulkan PARTAI BANTENG Yang Ingin Mengganti PANCILA Dan Menyetujui Tentang RUU HIP itu???????????????
Jawabannya'Cukup Kalian Yang Bisa Menilai."
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Unggahan ini diketahui telah viral di media sosial facebook.

Cek Fakta: Beredar Foto Uya Kuya Hipnotis Ma'ruf Amin

Penelusuran:


Dari penelusuran kami, klaim foto bahwa Ma'ruf Amin dihipnotis Uya Kuya adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan dari dua foto yang berbeda.

Foto Uya Kuya yang tengah merangkul Ma'ruf Amin faktanya berasal tangkapan layar video yang diunggah akun Youtube Ini Talk Show. Video berjudul "Dihipnotis Uya Kuya, Ternyata Sule Cari Sensasi Biar Trending" memperagakan Uya Kuya sedang menghipnotis komedian dan pembawa acara Ini Talk Show Sule.

Video yang diunggah pada 24 Oktober 2019 itu mendapatkan 2,1 juta penonton di Youtube.

Sementara itu, foto Ma'ruf Amin memakai masker berwarna hitam ditemukan serupa di artikel Inews.id berjudul "Wapres Ma'ruf Amin Ungkap 2 Alasan Pemerintah Batal Berangkatkan Haji 2020"

Cek Fakta: Beredar Foto Uya Kuya Hipnotis Ma'ruf Amin


Dalam artikel tersebut,Ma'ruf Amin angkat bicara mengenai kritikan sebagian pihak terkait keputusan pemerintah yang membatalkan keberangkatan haji 2020. Pemerintah, menurut dia, memiliki pertimbangan terkait hal tersebut

Ma'ruf mengungkapkan, salah satu alasannya karena waktu persiapan yang terbilang pendek. "Memang belum ada pemberitahuan (pembatalan) resmi dari pihak Arab Saudi, dan tidak mungkin juga (karena) jaraknya sudah pendek. Memberangkatkan lebih dari 210 ribu jemaah dengan persiapan yang pendek itu tidak mungkin," kata Ma'ruf dilansir Inews.id.

Kesimpulan:


Klaim bahwa Ma'ruf dihipnotis Uya Kuya adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan dari dua foto yang berbeda.

Informasi ini termasuk hoaks jenis Manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel.

Cek Fakta: Beredar Foto Uya Kuya Hipnotis Ma'ruf Amin


Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

Referensi:

1.https://youtu.be/ldjuYYfTl9Q
2.https://www.inews.id/news/nasional/wapres-maruf-amin-ungkap-2-alasan-pemerintah-batal-berangkatkan-haji-2020
3.https://archive.md/oUdBL

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@cerpenista.com