Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jokowi Minta Anak Buahnya Kerja Keras: Situasi Mengerikan, Terus Terang Saya Ngeri!

Jokowi Minta Anak Buahnya Kerja Keras: Situasi Mengerikan, Terus Terang Saya Ngeri!


Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, pada Selasa (7/7). Rapat itu digelar secara tertutup.

Dalam rapat Selasa (7/7) itu, Jokowi meminta seluruh jajarannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja mereka di masa pandemi COVID-19. Ia ingin semua instansi dan lembaga mempunyai pemikiran dan perasaan yang sama.

"Tadi di depan saya sudah minta, kita harus memiliki sense of crisis yang sama. Regulasi sederhanakan, SOP sederhanakan. Sesuai dengan keadaan krisis yang kita hadapi. Semua negara sekarang ini mengalami itu. Kerjanya cepat-cepatan," kata Jokowi berdasarkan keterangan Biro Pers Istana, Rabu (8/7) malam.

"Ini kita berkejar-kejaran dengan yang namanya waktu. Jadi sekali lagi ganti chanel dari channel normal ke channel krisis," tambahnya.

Bukan tanpa alasan, Jokowi meminta jajarannya bekerja cepat di tengah pandemi virus corona.

Sebab, dirinya sudah berbicara dengan sejumlah kepala negara lain jika pandemi ini membawa dampak buruk terutama dalam sektor ekonomi.

"Karena saya merasakan ini mengerikan loh. Bukan hal yang biasa, ini mengerikan. Kepala negara yang saya telepon, hampir semua saya telepon mengatakan hal yang sama. Dari waktu ke waktu prediksi ekonomi dunia juga tidak semakin baik, semakin buruk," jelas Jokowi

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan ekonomi global minus 2,5 persen akibat virus corona. Namun kini bertambah parah hampir menyentuh 8.

"Global ekonomi growth-nya akan minus 2,5 persen. Ganti lagi ke minus 5 persen. Terakhir, OECD bahkan-6 sampai-7,6 persen, coba. Berubah terus. Lha kalau kita tidak ngeri dan menganggap ini biasa-biasa saja, waduh. Bahaya banget," ucap Jokowi.

Maka dari itu Jokowi menekankan agar seluruh jajarannya bekerja ekstra dan lebih keras di masa sulit ini. Ia masih melihat ada kementerian yang belum bekerja sesuai dengan harapan.

"Kalau enggak, ngeri saya terus terang saya ngeri. Di kuartal III ini. Ini kuncinya di kuartal III. Saya melihat memang setelah kita rapat kabinet di sini ada pergerakan yang lumayan. Tapi belum sesuai dengan yang saya harapkan. Sudah bergerak lebih baik, sudah bergerak lebih bagus, tapi belum," tutur dia.