Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kasus Covid-19 Naik Terus, Ma'ruf: Masyarakat Kurang Disiplin

Kasus Covid-19 Naik Terus, Ma'ruf: Masyarakat Kurang Disiplin


Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air belakangan ini dikarenakan ketidakpatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Padahal, kata dia, pemerintah memberlakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan membuka sektor perekonomian yang wajib menerapkan protokol kesehatan dikarenakan melihat adanya penurunan kasus.

Demikian juga untuk memulihkan perekonomian yang memburuk akibat kemunculan Covid-19 ini.

"Jadi sebenarnya semula kami melihat ada penurunan, oleh karena itu diberlakukannya AKB. Tapi setelah ini, kenapa masih naik? karena kurang disiplinnya masyarakat menaati protokol kesehatan," ujar Ma'ruf memberikan sambutan saat silaturahim dengan sejumlah organisasi masyarakat Islam di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (18/7/2020).

Meskipun demikian, kata dia, menghidupkan roda perekonomian di tengah pandemi juga sangat penting untuk keberlangsungan bangsa.

Sebab, jika tidak, kondisinya akan lebih berbahaya lagi sehingga pemerintah berupaya menekan keduanya, yakni bahaya Covid-19 dan bahaya keterpurukan ekonomi.

"Jadi yang menjadi masalah sekarang memang kepatuhan masyarakat. Jangan masyarakat itu tahu ada protokol kesehatan tapi tidak melaksanakan, tidak pakai masker, tidak jaga jarak, tidak mencuci tangan, terus bergerombol tanpa batas," ujar dia.

Berdasarkan penelitian pun, kata dia, sumber masih tingginya kasus Covid-19 dan belum berakhirnya pandemi ini dikarenakan kedisiplinan masyarakat yang masih kurang.

Oleh karena itu, ia berharap ulama berperan dalam membimbing umat agar mereka patuh terhadap protokol kesehatan demi kebaikan bersama.