Mabes Polri Ustad Abdul Somad Jangan Provokasi Melawan Hukum

Mabes Polri: Ustad Abdul Somad Jangan Provokasi Melawan Hukum

Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia membantah memberi instruksi kepada jajarannya untuk melarang kegiatan ceramah yang menyinggung soal politik. Termasuk kepada Ustad Abdul Somad.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri tidak masalah jika ada ceramah yang mengandung unsur politis.

“Tetapi yang kita harapkan jangan memprovokasi umat untuk yang mengarah pada tindakan melawan hukum,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Karena itu, pihaknya mengimbau agar para pemuka agama yang memberikan kesejukan, pedoman, dan arahan agar umatnya berbuat lebih baik.

“Prinsipnya begini, tidak hanya kepada Ustad Abdul Somad, tetapi saya juga mengimbau kepada para tokoh ulama, tokoh masyarakat,” tuturnya.

Ya, dia enggan menyinggung salah satu pihak saja, akan tetapi kepada seluruh pemuka agama.

“Saya tidak menyebut satu persatu. Saya berharap memang alim ulama berperan penting untuk membawa umat ke arah kedamaian dan kesejukan,” kata Setyo.

Lebih lanjut dia membantah Polri membentuk satuan tugas untuk memantau konten cerammah.

Loading...

“Polri sudah dibagi tugasnya mulai dari preemtiv, preventif dan represif. Jadi tidak ada dibentuk tugas-tugas seperti itu,” tuturnya.

Adapun yang dimiliki polisi yakni Satgas Nusantara yang bekerja sama dengan semua alim ulama, tokoh adat dan tokoh lainnya. “Karena itu saya sampaikan tokoh agama, masyarakat itu penting sekali peranannya untuk menyejukkan situasi panas nanti. Kasian nanti masyarakat kalau panas terus,” pungkas Setyo.

Sebelumnya, Kapolres Metro Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan memberi catatan kepada panitia salah satu kegiatan agama di wilayahnya agar tidak ada ceramah yang menyinggung soal politik. Adapun kegiatan tersebut di Masjid Raya Al Kautsar Vila Dago, Pamulang, Tangerang Selatan, Sabtu (29/9).

Dalam sebuah poster yang viral di media sosial, acara bertemakan ‘Dari Energi Kerumunan Menuju Energi Kekuatan Untuk Kemuliaan Ummat, Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah Warga Muslim Pamulang & Tangsel’ tersebut menghadirkan Ustad Abdul Somad. Ada pula Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Ketua DKM Al Kautsar Juni Sukasmono (dna/jpc/pojoksatu)

Loading...