“Orang Yang Paling Ikhlas Kepada Rakyat Indonesia Itu Prabowo,” Kata Gus Dur

Presiden keempat KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur pernah menyatakan Prabowo Subianto adalah orang yang ikhlas kepada rakyat Indonesia.

“Kalau orang yang paling ikhlas kepada rakyat Indonesia itu ya Prabowo. Apa yang dia bikin itu menunjukkan betapa ikhlas betul kepada rakyat Indonesia” – Gus Dur (2009.

Gus Dur, selain pernah menjadi Presiden Indonesia, ia juga merupakan sosok ulama, tokoh bangsa tokoh pluralisme, guru bangsa dan politisi yang dikagumi oleh banyak kalangan.

Gus Dur adalah teladan bagi kita semua. Tidak hanya pemikiran dan tindakannya, semua petuah dan perkataannya menjadi panutan masyarakat terutama bagi nahdliyin.

Sebelum meninggal dunia pada 30 Desember silam, Gus Dur sempat meninggal pesan kepada seluruh masyarakat tentang pemimpin negeri ini ke depannya.

“Orang yang paling ikhlas kepada rakyat Indonesia itu ya Prabowo,” kata Gus Dur dalam wawancara di salah satu televisi swasta.

Tokoh sekaliber Gus Dur tidak mungkin asal bicara apalagi setiap ucapannya selalu mendapatkan perhatian publik. Gus Dur tentunya mengetahui betul sosok pribadi dan sepak terjang Prabowo.

Loading...

Jika Prabowo benar – benar seperti yang dituduhkan kepadanya selama ini, tidak mungkin Gus Dur berkata demikian. Dan tidak mungkin Gus Dur mengarahkan pilihan rakyatnya pada sosok yang salah.

 

Prabowo Suubianto mengaku punya hubungan dekat dengan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Memang di awal-awal pertemanan, Prabowo mengaku sempat bingung menghadapi Gus Dur. Sama dengan sejumlah orang, Prabowo sering bingung dengan pandangan-pandangan Gus Dur.

“Tapi sesungguhnya pemikiran-pemikiran beliau, jauh ke depan, berapa puluh tahun ke depan (terbukti). Di situ saya lihat kebesaran jiwa beliau,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, di tengah keterbatasannya, Gus Dur memiliki banyak kelebihan. “Mungkin dari hubungan kami, di tahun-tahun terakhir hidup beliau, di situlah beliau mungkin bisa memahami saya,” kata Prabowo.

Loading...