Sah! Jokowi Gandeng KH. Ma’ruf Amin Sebagai Cawapres. Prabowo Sama Siapa?

Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan nama KH Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya untuk menghadapi Pilpres 2019. Jokowi mengatakan pilihannya ini sudah dipertimbangkan dengan matang dan disetujui koalisi partai pendukung.

Selain itu, ada beberapa alasan Jokowi memilih Ma’ruf. Ia mengatakan Ma’ruf Amin sebagai tokoh bangsa yang telah menduduki sejumlah posisi penting di lembaga negara, mulai DPR hingga Wantimpres.

“Ma’ruf Amin, lahir di 11 Maret 1943, adalah sosok sebagai tokoh agama yang bijaksana. Beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam NU, dan Ketua MUI, Majelis Ulama Indonesia,” kata Jokowi di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Ia juga menyebut, KH Ma’ruf Amin pasti akan bisa menjalankan perannya dalam menjaga kebhinekaan di Indonesia. Pasalnya Ma’ruf adalah dewan pengarah ideologi Pancasila.

“Dalam kaitannya dengan kebinekaan, Prof Dr KH Ma’ruf Amin saat ini menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” lanjutnya.

Pengumuman ini dihadiri oleh seluruh ketum parpol Koalisi Indonesia Kerja. Para pendukung Jokowi juga sudah berada di lokasi.

Pengumuman nama Ma’ruf menjadi cawapres Jokowi cukup mengejutkan. Mengingat awalnya cawapres Jokowi menguat kepada Mahfud Md. Mahfud juga tiba-tiba menghilang dari pertemuan Jokowi dengan ketum parpol koalisi.

Sinyal Ma’ruf menjadi cawapres sebelumnya ditunjukkan dengan kehadiran dirinya ke Istana, kemarin (8/8). Jokowi dan Ma’ruf juga beberapa kali terlihat bersama dalam acara keagamaan.

Loading...

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo akhirnya mendeklarasikan diri untuk maju kembali sebagai Calon Presiden dan mengumumkan, nama KH Ma’ruf Amin adalah orang yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

“Setelah saya menerima masukan-masukan dari ketum parpol, seluruh pengurus partai dari relawan seluruh tanah air dan tentunya aspirasi dari masyarakat luas. Maka dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim saya memutuskan untuk kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024,” kata Jokowi di Menteng, Kamis (9/8/2018).

‘Saling melengkapi: nasionalis religius’

Ditanya wartawan apa yang ingin ditawarkan dengan menggandeng Ma’ruf Amin sebagai cawapres, Joko Widodo menjawab singkat: “Menurut saya, kami ini saling melengkapi: nasionalis religus.”

Bersama Mahduf MD, Muhaimin Iskandar, serta beberapa nama lainnya, Ma’ruf Amin merupakan nama-nama yang selama ini beredar di masyarakat yang akan mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden.

Dalam perjalanannya, namanya sempat tenggelam, tetapi kemudian muncul lagi menjelang pengumuman Presiden Jokowi pada Kamis (09/10) petang. Semula nama yang lebih santer terdengar adalah Mahfud MD.

Tetapi salah-seorang politikus PKB menulis pesannya di akun Twitternya bahwa calon wakil presidennya adalah Ma’ruf Amin, namanya kemudian disebut lagi.

Dan ternyata cuitan itu benar bahwa ulama kelahiran Tangerang, Banten itu yang akhirnya dipilih Joko Widodo sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam pilpres 2019.

Loading...